cara pasang lampu led

Cara pasang lampu led

Hay gan untuk blog kali ini ane pengen nih jelasin cara pasang lampu led. Buat agan "yang masih bingung semoga dengan blog ane agan bisa mengerti.

Langsung aja ....

Ada 2 jenis arus di setiap kendaraan yaitu ac dan dc. 
Cara membedakannya cukup mudah , caranya agan on kan kunci kontraknya  nyalakan lampu, kalo lampu menyala berarti arus lampu tersebut dc, dan sebaliknya ketika kunci kontak on agan nyalakan lampu tidak nyala dan harus menyalakan motor berarti arus lampunya ac.( khusus arus lampu)

Untuk lampu led yang menggunakan arus dc Untuk kendaraan yang udah menggunakan arus dc cukup mudah agan tinggal cari kabel + dan - nya, sambung kabelnya jadi deh, tapi jangan sampai terbalik ya gan kalo terbalik lampu gak akan nyala.

 cara kabel + dan - agan cukup siapin lampu sein buat tespen karna lampu sein arus -dan + bolak balik bebas gan, lampu sein ada 2 kabel salah satu kabel tempel ke bodi atau ke belakang aki - dan kabel buat tester kalo di tes lampu sein nyala arti arus kabel + dan sebaliknya.

Untuk motor yang menggunakan arus lampu ac agan harus rubah arus ke dc dulu, kalo gak lampu agan nyalanya gak akan stabil bahkan gak lama lampu agan akan rusak.
Cara nya cukup mudah.
Agan tinggal ganti arus masuk ke sakelar lampunya aja.

Skema penerangan ac



Skema penerangan dc


Agan buka sakelar lampunya. Ada 3 kabel (arus masuk, keluar ke lampu senja, keluar lampu jauh-dekat)  
agan potong arus masuknya, agan rubah arus masuk ambil dari arus aki, ambil arus akinya yang keluar dari kunci kontak ya gan biasanya arus merah strip putih agan tes aja.
(jangan langsung dari aki takut lupa matiin lampu entar aki agan mati).
 Kabel yang tadi agan potong yang arus dari spul jangan lupa di isolasi ya gan takut konslet.
Setelah Selesai agan tinggal pasang lampunya kabel + ketemu + dan - ketemu -. biasanya warna merah / kuning + buat lampu dekat, putih + buat jauh, hitam / hijau --anjang masa / groun. 
Jauh lebih baik agan cari dulu karna kabel warna kabel gak tentu. 
Setelah itu aga coba deh. Kalo nyalaguna agan berhasil, selamat. 
Kalo belum coba lagi jangan menyerah gan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CDI AC Cara termudah dan terlengkap Sistem cara kerja komponen fungsi rangkaian skema pengapian

Meningkatkan performa mesin lewat knalpot “exhaust system”