Komponen Sistem Injeksi Sepeda motor

 Komponen Sistem Bahan Bakar Pada Mesin Injeksi Sepeda motor – system injeksi merupakan sistem yang memanfaatkan rangkaian elektronika yang di atur oleh ECM ( electronic contor module) atau ECM ( electronic contor unit ) .


*Kelebihan sistem injeksi:

Mampu meningkatkan performa mesin

Lebih irit bahan bakar

Meningkatkan efisiensi mesin

Emisi lebih ramah lingkungan


*Kekurangan sistem injeksi:

Perlu perawatan yang cukup ekstra


Berikut Komponen Sistem Bahan Bakar Pada Mesin Injeksi Dan Fungsinya

1.  Fuell Pump 



Di dalam full pump terdapat 4 jenis komponen :

  • pompa bahan bakar / rotak

    fungsi dari rotak adalah untuk memompa bahan bakar dari tank menuju injektor dengan tekanan yang telah di tentukan dari masing" tipe kendaraan.

  • saringan bahan bakar

    saringan bahan bakar berfungi untuk menyaring bahan bakar dri tank menuju injeksi , di dalam komponen injeksi saringan bahan bakar termasuk komponen penting hal ini terjadi dikarenakan lobang yang terdapat pada injektor sangatlah kecil,  

  • ampere bensin

    amper bensin di gunakan untuk mengirim sinyal ke sepedometer untuk menunjukan ketersedia
   bahan bakar di dalam tanki bahan bakar.
  • pressure Regulator
      menjaga tekana bahan bakar yang menuju injektor sesuai dengan yang di syaratkanan.

2. ECU ( electronic control unit )


    Electronic Control Unit merupakan komponen utama di dalam sistem inejksi sebagai pengatur atau otak dari injeksi, penerima sinyal laporan dari sensor" yang terdapat pada injeksi dan mengolahnya guna untuk mengukur tekanan bahan bakar.

3. Sensor

 Sensor injeksi terbagi menjadi 2 jenis : 

"pelapor dan penerima printah"

Sensor pelapor  berfungsi untuk mendeteksi dan mengirimkan sinyal ke ecm. untuk mengidentifikasi campuran bahan bakar yang tepat.
penerima printah berfungsi menjalankan perintah dalam mengatur bahan bakar.

Berikut ini beberapa sensor pelapor dan penerima perintah pada sistem Injeksi :

  • sensor pelapor :

TPS                   

sensor yang bekerja mendeteksi bukaan gas.

O2                      :

 sensor yang bekerja mengukur kadar oksigen.

EOT / ECT        

sensor yang di gunakan untu mengukur suhu mesin.

CKP                    : 

sensor yang bekerja mengukur putaran mesin untuk mengatur pengapian.

BAS / BSE          

sensor kemiringanyang bekerja menghentikan injeksi bahan bakar pada saat motor terjatuh.

IAT                     

mengukur suhu yang masuk dari intake manifol.

  • sensor penerima perintah :

POMPA BENSIN     :

 bekerja memompa bahan bakar dari tanki menuju injektor

INJEKTOR               :

 menyemprotkan bahan bakar ke dalam mesin.

IACV                         : 

menambah suplai udara ketika mesin dingin.




Komentar