Meningkatkan performa mesin lewat knalpot “exhaust system”

 

Meningkatkan performa mesin lewat knalpot “exhaust system”



Mengganti knalpot dengan ukuran pas dapat meningkatkan performa mesin. Bagaimana hal itu dapat terjadi?

Mari kita bahas di sini,

        Kenalpot salah satu komponen utama dalam meningktkan performa ,hal ini dapat terjadi dikarenakan tekanan yang terjadi pada gas buang dari mesin, lambatnya pembuangan dan terlalu besarnya pembuangan mempengaruhi performa pada mesin.

kita ambil contoh :

        Ketika kalian meniup sedotan kecil dengan sekuat kuatnya maka akan menimbulkan efek tertahan pada sedotan itu, dan sebaliknya ketika sedotan terlalu besar nafas kita tidak akan mampu meniupnya.

lalu bagaimana cara mengtungnya?

Mari kita akan bahas satu persatau…

Apa fungsi knalpot pada sepeda motor ?

        Knalpot adalah sarana pembuangan akhir gas buang mesin ke udara bebas.

Fungsi lain dari knapot :

1.    untuk menyerap energi panas yang di timbulkan oleh mesin.
2.    Memaksimalkan tekanan pembuangan.
3.    Menurunkan temperature
4.    Sebagai peredam ledakan mesin
5.    Meningkatkan performa

1.    KNALPOT MESIN 4TAK

 


Ø Nama dan fungsi kenalpot 4tak :

v Header  :  bagian kepala dan leher knalpot

v Buffle     :  bagian penyambung antara header dan selincer

v Selincer :  bagian peredam suara.

 

Ø Fungsi dari knalpot pada sepeda motor 4tak sebagai peredam dan peningkat performa mesin.

Ø Panjang dan diameter knalpot di atur mengikuti tipe mesin dan ukuran klep yang di gunakan.

 

 

2.    KNALPOT MESIN 2TAK


 

Ø Nama dan fungsi knalpot pada mesin 2tak :

·       Header                 :   panjang = untuk power putaran tinggi 

                                     Pendek   = untuk power putaran menengah

·       Diffuser                :  sudut taper besar untuk putaran tinggi.

·       Mid section         :  volme besar     = untuk tarikan putaran bawah 

                                    Volume kesil    = untuk tarikan putaran atas

·       Buffle                   : sudut taper besar =  untuk menambah torsi max tetapitorsi putaran tengah dan bawah berkurang.

           Sudut taper kecil = untuk power merata.

Ø PALSA EXHAUST ( ukuran tekanan balik dari knalpot )

        Efek dari palsa exhaust di tentukan dari panjang dan lebar pipa pembuangan. Pihak pabrikan knalpot telah mendisain spesifikasi knapot sesuai dengan kecepatan dan putarannya.

CARA KERJA KNALPOT 2TAK :

        Pada saat lubang pebuangan terbuka, gas sisa pembakaran keluar sehingga menimbulkan glombang pada knalpot. Terjadilah proses overlapping (gas segar memaksa gas sisa pembakaran keluar dari ruang pembakaran ) sesaat sebelum lubang exhaust tertutup gas segar yang ikut terbawa masuk exhaust di tekan balik di karenakan glombang tekanan balik yang dating dari knalpot yang di sebut turbolensi.



        Turbolensi diperlukan karena mesin 2 taktidak menggunakan katup/ klep.hal ini untuk mencegah gas baru ikut terbuang keluar bersama gas sisa pembakaran.

 


        Ketika lubang buang terbuka gas baru keluar mendorong sampai ke system pembuangan,tekanan gas bergerak turun dan berangsur mengembang hingga kehilangan kecepatannya sampai mendekati reversed cone.  

        Saat mencapai reversed cone gas di tekan balik akibat pebedaan tekan glombang guna untuk menekan balik gas segar yang ikut keluar ke sitem pembuangan.

 





 
 
 
 
 
 




Komentar