Meningkatkan performa mesin lewat knalpot “exhaust system”
Meningkatkan performa mesin lewat knalpot “exhaust system”
Mengganti knalpot dengan ukuran pas dapat meningkatkan performa mesin. Bagaimana hal itu dapat terjadi?
Mari kita
bahas di sini,
Kenalpot
salah satu komponen utama dalam meningktkan performa ,hal ini dapat terjadi
dikarenakan tekanan yang terjadi pada gas buang dari mesin, lambatnya
pembuangan dan terlalu besarnya pembuangan mempengaruhi performa pada mesin.
kita ambil
contoh :
Ketika
kalian meniup sedotan kecil dengan sekuat kuatnya maka akan menimbulkan efek
tertahan pada sedotan itu, dan sebaliknya ketika sedotan terlalu besar nafas
kita tidak akan mampu meniupnya.
lalu bagaimana cara mengtungnya?
Mari kita
akan bahas satu persatau…
Apa fungsi
knalpot pada sepeda motor ?
Knalpot
adalah sarana pembuangan akhir gas buang mesin ke udara bebas.
Fungsi lain
dari knapot :
1. untuk menyerap energi panas yang di timbulkan oleh mesin.2. Memaksimalkan tekanan pembuangan.3. Menurunkan temperature4. Sebagai peredam ledakan mesin5. Meningkatkan performa
1. KNALPOT MESIN 4TAK
Ø Nama dan fungsi kenalpot 4tak :
v Header : bagian kepala dan leher knalpot
v Buffle : bagian penyambung antara header dan selincer
v Selincer : bagian peredam suara.
Ø Fungsi dari knalpot pada sepeda motor
4tak sebagai peredam dan peningkat performa mesin.
Ø Panjang dan diameter knalpot di atur
mengikuti tipe mesin dan ukuran klep yang di gunakan.
2. KNALPOT MESIN 2TAK
Ø Nama dan fungsi knalpot pada mesin 2tak :
· Header : panjang = untuk power putaran tinggi
Pendek = untuk power putaran menengah
· Diffuser : sudut taper besar untuk putaran tinggi.
· Mid section : volme besar = untuk tarikan putaran bawah
Volume kesil = untuk tarikan putaran atas
· Buffle : sudut taper besar = untuk menambah torsi max tetapitorsi putaran tengah dan bawah berkurang.
Sudut taper kecil = untuk power merata.
Ø PALSA EXHAUST ( ukuran tekanan balik
dari knalpot )
Efek dari palsa exhaust di tentukan dari panjang dan lebar
pipa pembuangan. Pihak pabrikan knalpot telah mendisain spesifikasi knapot
sesuai dengan kecepatan dan putarannya.
CARA KERJA KNALPOT 2TAK :
Pada saat lubang pebuangan terbuka, gas sisa pembakaran
keluar sehingga menimbulkan glombang pada knalpot. Terjadilah proses
overlapping (gas segar memaksa gas sisa pembakaran keluar dari ruang pembakaran
) sesaat sebelum lubang exhaust tertutup gas segar yang ikut terbawa masuk
exhaust di tekan balik di karenakan glombang tekanan balik yang dating dari
knalpot yang di sebut turbolensi.
Turbolensi diperlukan karena mesin 2 taktidak menggunakan katup/
klep.hal ini untuk mencegah gas baru ikut terbuang keluar bersama gas sisa
pembakaran.
Ketika lubang buang terbuka gas baru keluar mendorong sampai
ke system pembuangan,tekanan gas bergerak turun dan berangsur mengembang hingga
kehilangan kecepatannya sampai mendekati reversed cone.
Saat mencapai reversed cone gas di tekan balik akibat
pebedaan tekan glombang guna untuk menekan balik gas segar yang ikut keluar ke
sitem pembuangan.
Komentar
Posting Komentar